Jumat, 07 April 2017

Menulis Konten Blog Agar di Sukai Pembaca



Menulis bukanlah perkara yang gampang bagi kita yang pemula yang sedang belajar ini. Mengingat hal tersebut jarang kita lakukan sehingga membuatkan janggal dalam setiap penulisan untuk menguraikan kata-kata. Saya sendiri juga bukan penulis yang baik dan benar namun tiada salahnya jika saya mencoba untuk menguraikan beberapa langkah yang harus dilakukan saat penulisan artikel konten website/blog kita. Iming-imingnya sebagai catatan pribadi saja.

1. Tentukan Tema Tulisan
Sebelum menulis alangkah baiknya bila kita menentukan tema penulisan terlebih dulu. Hal ini sangat di perlukan supaya saat penulisan nanti pembahasan sesuatu masalah tidak kabur atau tidak keluar dari pokok bahasan. Jika penentuan tema ini luput dari kita maka penulisan yang nantinya kita bahas akan keluar kandang serta kucar kacir tidak menentu arah. Dengan menentukan tema tersebut kita dapat dengan mudah memberikan wawasan, cara serta uraian pembahasan yang lantunnya lebih terarah ketujuan penulisan.


2. Kuasai Tema dan Tulisan
Menguasai bukan berarti kita harus mengetahuinya secara detail dan mendalam. Tetapi cukuplah sekedar tau. Yang arti menulis sesuai dengan pengetahuan yang kita ketahui. Tetapi alangkah baiknya jika kita mengetahui hal tersebut lebih mendalam lagi. Menurut saran dari para suhu dan master-master kita mengatakan pelajarilah terbelih dulu tentang apa yang hendak kita jadikan tulisan supaya mendapatkan pengetahuan yang lebih untuk penulisan artikel di konten milik kita.


3. Gunakan Bahasa Yang Mudah di Pahami
Menggunakan bahasa yang baik dan benar merupakan kesan tersendiri bagi sang penulis dan pembaca. Tetapi untuk penulisan pada website/blog  bukanlah kita karya ilmiah maka cukup menggunakan bahasa yang mudah di pahami dan mudah mengerti oleh setiap orang jangan terlalu banyak menggunakan kata istilah atau pengertian lainnya yang bukan viral dari suatu bahasan tulisan kita.


4. Gunakan Gambar Pendukung
Mungkin banyak diantara kita yang menyangkal termasuk saya sendiri yang beranggapan menggunakan gambar pada tulisan itu tidak penting. Tetapi nyatanya menggunakan gambar dalam sebuah tulisan artikel website/blog itu sangatlah penting. Selain sebagai pendukung tulisan kita juga dapat memberikan informasi yang jelas dan bermanfaat bagi pengunjung. Sebaiknya penggunaan gambar pada sebuah postingan itu minimal satu dan maksimal tiga. Tergantung dari seberapa perlu untuk mendukung konten tulisan kita.


5. Hindari Copy - Paste
Jika ingin benar-benar sebuah karya tulis menjadi milik kita maka hindarilah dari cara Copy - Paste. Memang kita tidak mengetahui semuanya tentang apa yang sedang kita tulis. Seperti yang dibahas di atas tadi maka pelajarilah terlebih dulu untuk menghindari tulisan copy-paste tersebut. Jika memang tidak memberikan hasil maka editlah tulisan karya orang lain tidak boleh lebih dari tiga puluh persennya jika lebih maka tulisan kita akan anggap plagiat oleh sistem.


6. Jangan Terburu-buru
Tidak ada yang memaksa kita untuk mempercepat penulisan atau update konten di website/blog kita. Maka dari itu jangan tergesa-gesa dalam penulisan mengingit hal yang di tulis tersebut merupakan informasi yang sangat penting dan bermanfaat bagi orang lain. Maka dari itu bersabarlah jangan tergesa-gesa dalam penulisan perlahan tetapi pasti.


Kesimpulan :
Mengingat informasi sajian konten adalah raja dalam dunia website/blog maka tentu perlulah kita mentela'ah lebih dalam tentang pengetahuan yang kita berikan dalam website/blog kita. Updatelah konten website/blog secara teratur dan pastikan editing atau review terlebih dulu sebelum konten website/blog di publishkasikan. Gunakan bahasa yang mudah di pahami serta bisa di mengerti oleh semua orang. Selalu terima saran dari pembaca serta ajaklah diskusi semuanya dengan pengunjung. Seringlah berlatih dalam menulis maka dengan sendirinya kebiasaan itu akan hadir.

Terima Kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net